Serba-Serbi Mengenai Copywriting Untuk Memaksimalkan Situs Website

Serba-Serbi Mengenai Copywriting Untuk Memaksimalkan Situs Website

Serba-Serbi Mengenai Copywriting Untuk Memaksimalkan Situs WebsiteSerba-Serbi Mengenai Copywriting Untuk Memaksimalkan Situs Website

Sumber gambar: Freepik

Bagi yang bekerja dalam perubahan berbasis digital tentu memerlukan strategi khusus agar penjualan  meningkat serta pemasaran lebih luas. Bagi kamu yang memiliki usaha baik jasa maupun barang, yang kebetulan memakai situs website sebagai media promsi. Tentu tak asing dengan istilah ‘copywiting.’ Copywriting merupakan teknik menghasilkan tulisan yang bertujuan untuk membuat pembaca merespon sesuai apa yang diharapkan melalui tulisan tersebu.

Sebenarnya, copywriting dapat dipakai pada konten website, sosmed, landing page dan lain sebagainya. Namun kali ini kau akan membahas sedikit mengenai membuat artikel untuk situs blog pribadi atau website bisnis yang kami miliki.

Pentingnya artikel yang unik

Unik adalah hal yang harus diperhatikan dalam teknik copywriting, unik yang dimaksud adalah artikel yang kamu buat bukan hasil dari plagiat atau copy karya orang lain. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk membuat artikel yang unik yaitu:

  1. Rewrite, biasanya aku mencari situs yang mengangkat topik yang serupa untuk dijadikan referensi. Aku akan memilih dan membaca seluruh isi artikel, setelah selesai aku akan menulis ulang menggunakan bahasaku sendiri. Atau kamu bisa mencari sumber informasi secara acar pada Google Search ambil 2 atau 3 artikel lalu tulis ulang menjadi 1 artikel yang baru. Cara ini bisa disebut dengan ATM (Amati Tiru Modifikasi).
  2. Translate, ada banyak jurnal atau situs internasional yang dapat kita akses. Langkah pertama pilihlah 1 artikel berbahasa asing, kemudian translate dalam bahasa Indonesia, seperti yang kita tahu hasil translate biasanya memiliki susunan kata yang tidak rapi. Disinilah membuat keunikan artikel, susunlah ulang setiap kalimat hasil translate sampai nikmat untuk dibaca.

Cara yang kedua ini sempat aku lakukan sekali namun karena tidak nyaman maka aku pilih cara yang pertama.

Untuk mengecek apakah artikel yang telah kita buat unik atau tidak, kita dapat mengakses Smallseotools atau mengecekanya secara manual melalui Google Search.

Kenyamanan membaca tidak boleh disampingkan

Terkadang banyak layanan jasa penulis artikel yang hanya mengejar kuantitas tulisan dibanding kualitasnya. Dalam membuat sebuah artikel ada kalanya kita perlu memposisikan diri sebagai pembaca, cobalah untuk membaca hasil tulisan secara keseluruhan. Rasakan baik-baik apakah artikel yang kita buat mudah dipahami dan menarik untuk dibaca, atau justru membut kita pusing tujuh keliling karena susunan kata yang terlalu ribet.

Memang sulit untuk mencapai tingkat kenyamanan membaca, bahkan aku perlu latihan dalam beberapa bulan hingga mencapai tahap ini, *mencoba menyombongkan diri*

Pemahaman sedikit mengenai SEO dan keyword

Jujur aku sendiri masih mempelajari tahap ini, karena ternyata banyak hal baru yang mesti aku ketahui lagi. Seperti yang kita tahu SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu teknik digital marketing yang dipercaya dapat meningkatkan penjualan. Dimana dengan memahami ini situs website kita dapat muncul di daftar teratas mesin pencari.

Namun sepengalamanku untuk mencapai tahap ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah pemilihan keyword. Terkadang banyak pebisnis yang meminta jasa penulis artikel untuk menulis artikel berdasarkan keyword yang diberikan.

Adapun istilah copywriting yang perlu diketahui:

LSI merupakan berbagai kata ang memiiki kaitannya dengan keyword utama atau topik yang diangkat

Long Tail keyword merupakan kata turunan dari keyword utama

Contoh :

Keyword : menulis konten blog

LSI : Langkah, tips, tahap-tahap, hal dan lain sebagainya

Long Tail Keyword : Hal diperhatikan saat menulis konten blog

 

 

 

Sumber:

http://www.rohadiright.com/penulis-artikel

http://www.rohadiright.com/penulis-artikel

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *