My First Solo Trip In Jogja, Part 2! Perjalanan Mencari Ilham

My First Solo Trip In Jogja, Part 2! Perjalanan Mencari Ilham

My First Solo Trip In Jogja, Part 2! Perjalanan Mencari Ilham

Setelah pemikiran itu menyadarkan aku! Akhirnya aku berpindah dari stasiun ke halte bus dekat sana. Oh ya di Semarang ada 2 jenis bus yaitu bus trans Semarang dan bus Trans Jateng. Berhubung aku males terlalu banyak transit jadi aku putusin buat naik bus Trans Jateng. Kondisi dalam bus saat itu gak terlalu ramai, untuk harga tiketnya murah kok Cuma 4k doang Dears. Tapi aku saranin kalau kalian naik bus trans di kota kalian usahain bayar pake uang pas ya! Jangan kek aku kemarin 🙁 karena aku gak punya uang kecil jadinya ada ibu-ibu yang baik banget ngasih aku uang 2 ribu buat bayar tiketnya. Karena kebetulan di kantong aku Cuma ada receh 2 ribu aja. Apalagi itu masih pagi, jadi gak mungkin petugasnya punya uang kembalian banyak.

Terima kasih ibu kamu baik sekali :’ jujur aja, padahal waktu itu ada beberapa orang di dalam  bus. Dari semua orang di sana Cuma ibu itu yang relain uang 2 ribu rupiah buat bayarin aku. Sorry ya aku fotoinnya gak bagus :’

Dari informasi yang aku dapet dari temenku, aku disuruh buat turun di terminal sukun Banyumanik. Ini bisa buat catatan temen-temen juga yang mau coba trip, sebenarnya bisa kalau kalian mau turun di terminal Bawen. Tapi terkadang bisa aja kalian nggak dapet tempat duduk. Jadi biar aman turun di terminal sukun aja. Kalian jangan takut kalau semisal naik bus gitu. Karena setiap bus ada kernet yang bisa ditanyain jurusan kota yang di tuju. Atau kalau bisa lihat dari kaca depan bus nama kota yang tertulis.

Langkah buat trip ke Jogja

Gak perlu waktu lama buat nunggu, karena ada bus jurusan Jogja udah ada yang nge-time. Kalau nggak salah aku naik armada bus “Abimayu”. Untuk harga tiketnya sekitar 40k, tapi kalau boleh jujur aku kurang nyaman selama perjalanan ini. Selain karena tempat dudukku gak di sebelah jendela. Kursi yang aku duduki juga terlalu ke belakang dan gak bisa diatur sesuai posisi yang aku inginkan. Jujur selama perjalanan rasanya kepalaku pusing leher juga pegel. Aku pikir aku bakal mabuk pas itu, tapi malu sih kalau mabuk dan bikin orang lain keganggu.

Akhirnya selama kurang lebih 3 jam perjalanan aku tiba di kota Jogja! Tepatnya depan terminal Jombor. Jujur abis turun dari bus kaki langsung lemes, dan perutku sakit rasanya mau mual gitu L untung aja gak jadi mual. Oh ya selama 2 hari 1 malam di Jogja aku nginep di kostan temenku anak UMY daerah Gamping Namanya Virgia! Thanks Gia udah mau menampungku.

Dari terminal aku putusin buat naik Grabbike ke UMY, jarak antara terminal dan UMY sekitar 4 – 5 Km. setelah ketemu Gia dan aku diajak ke kostannya. Aku istirahat sebentar di kamar kostnya lumayan bisa nge-charges sambil tiduran.

Jalan-jalan pertamaku

Jujur aku sendiri bingung enaknya mau pergi kemana? Aku coba cari tempat wisata yang dekat dari kostan. Setelah cari-cari akhirnya aku pilih buat pergi ke Pasar Beringharjo ya kompleks jalan Malioboro (itu lagee….) ya gimana dong abis aku bingung L tepat jam 4 sore aku putusin keluar dari kostan, dari kostan aku jalan sekitar 15 menit ke halte Bis trans Jogja. Oh ya kalian jangan takut sama rute perjalanannya, karena di setiap halte besar ada peta. Selain itu di dalam bus juga ada petugas yang ramah yang bakal ngasih tahu jalan dan halte mana aja buat transit.

taman pintarAkhirnya aku turun di halte taman pintar. Berhubung hari libur dan ada upacara penurunan bendera juga, jadi suasana lokasi 0 Km Jogja lagi ramai-ramainya.

Oh ya selama disini aku jalan terus aku, jujur niat awal aku mau jajan makanan gitu biar kek Food Vlogger. Eh tapi, jujur aku itu orang yang pemilih buat makan apalagi kalo sendirian. Meskipun udah laper tapi aku masih kuat nahan laper nyampek 2 jam kalau emang aku gak nemuin.

Sebenarnya aku berniat buat jalan-jalan semata, buat kalian yang wifi-hunter di halaman taman Pintar ada akses wifi gratis, lumayan lah buat Dears yang mau main game online atau streaming.  Lanjut aku berjalan-jalan menyelusuri jalan Malioboro. Padahal niat awal pengen ke pasar Beringharjo tapi malah gak mampir hehehe… ya maklum aku takut khilaf :’.

gelang malioboroBerhubung aku suka dengan kerajinan gelang, jadi aku sempetin buat beli disini. harganya murah loh, cukup dengan 10k kita bisa dapet 5 sampai 6 buah gelang. Kalau kalian mau jalan-jalan ke sini usahain hindari weekend. Karena jujur aja aku nyampe susah banget nyari tempat duduk. Kadang harus cepetan sama pengunjung yang lain. Oh ya aku saranin kalau kalian mau jalan-jalan ke sini bawa koyo atau balsam otot ya, karena jujur panjang banget. Apalagi jarak antara 0 km sama tugu muda sangat jauh buat kamu yang mau jalan kaki.

Kejadian yang kurang menyenangkan!!

Karena aku naik bus trans jadi aku harus selalu siaga tengok jam. Aku gak boleh malem-malem. Sebenarnya aku udah laper, dan belum nemu makanan buat dimakan. Oh ya aku saranin kalian juga bawa minum ya! Karena kalian bisa dehidrasi saking lamanya jalan, jangan kaget juga kalo harga botol mineral di sini harganya 5k. karena tempat wisata jadi harganya lebih maha dari biasanya.

Karena udah capek dan gak tahu lagi mau ngapain aku putusin buat pulang ke kost

“Mbak ke UMY bisa?”

“Maaf mbak mala mini jalan keraton ditutup coba ke halte (aku lupa namanya)”

Mendengar itu aku langsung jalan lagi dan cari halte berikutnya. Akhirnya aku ketemu halte yang bisa ke UMY meskipun harus transit dulu. Sebelum pulang aku akhirnya beli sate ayam. Aku belinya di sate di dekat halte, oh ya jangan lupa selalu tanyakan tujuan kalian ke petugas halte ya tentang rute perjalanan dan jam terakhir bus beroperasi. Karena takut kehabisan bus aku putusin buat bungkus sate ayamnya.

Sambil nunggu sate aku jadi, aku duduk deh di bangku ya kosong. Sempet sih sebelahku ada mbak-mbak. Sebelum duduk tanyain dulu ya orang itu mau bagi tempat duduk atau nggak. Akhinya aku bisa duduk sambil nungguin sate, kemudian mbak-mbak sebelah aku pamit dan diganti sama mas-mas. Ya aku sih gak mikir aneh-aneh. Karena gak mungkin ada orang yang mau nyakitin aku saat rame kayak gitu.

Dan yang aku sebel  dari mas-mas itu adalah yang tiba-tiba duduk deket banget sama aku LALU mereka ngerokok dan asepnya itu loh mengarah ke aku semua. Jujur meskipun tempat umum ya kira-kira kalau ngerokok sama siapa orang baru kenal juga. Apalagi temen-temennya godain cowok yang persis di sebelah aku, jujur rasanya ilfeel banget sumpah! Akhirnya aku putusin buat pindah dan mendekat ke ibu yang jual sate. Akhirnya sate aku udah dibungkus dan aku bisa segera pulang.

Next akhirnya aku dapet bus trans buat pulang. Karena aku naik dari jalan Malioboro, kondisi bus saat itu cukup rame. Selama di dalam bus gak ada pemisah tempat duduk antara cewek dan cowok. Jujur selama di dalam bus aku juga jengkel sama cowok yang gak peka sama cewek kek aku gini.

Dari pintu masuk sebenarnya aku udah lihat kalo ada bangku kosong gitu, eh ternyata aku keduluan sama mas-mas lagi. Ya emang bukan salahnya sih buat duduk disana, apalagi pas masuk bus posisiku ada di belakangnya. Padahal mas-mas itu termasuk masih muda, jujur aku capek dan pegel banget. Ya gimana gak pegel jalan kaki dari 0 Km – tugu muda – halte Malioboro.

Gila!! itu pasti sekitar 5 km, aku berharap bisa duduk. Awalnya aku ngasih kode dengan ngangkat kaki satu bergantian dan masang wajah melas tapi ternyata gak berhasil. Mas-masnya malah asik ngobrol sama mbak-mbak di sebelahnya, tambah jengkel dong aku sebagai single fighter. Karena masnya gak peka-peka akhirnya ada ibu-ibu yang usianya separuh banya ngasih tempat duduknya buat aku J terharu kenapa ibu-ibu baik hati semua ya?

Aku sangat berterima kasih sama ibu-ibu yang ngasih tempat duduknya buat aku karena dia bilang bentar lagi mau turun. Tapi baru 5 menit aku duduk petugas bus bilang “Ngabean yang mau transit Gamping, bla…, bla..”

Akhirnya aku berdiri lagi dan ngasih tempat duduk itu ke ibu tadi, terima kasih ya bu 5 menit yang berharga. Aku harap karena jalan jauh aku gak bau ketek jadi nggak bikin ibu-ibu atau siapapun terganggu. Akhirnya setelah berhasil dari Ngabean aku naik bus ke Gamping dan turun di UMY. Dalam hati bilang “Akhirnya istirahat juga…” 🙂

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *