My First Solo Trip In Jogja, Part 1 : Terancam Batal!!!

My First Solo Trip In Jogja, Part 1 : Terancam Batal!!!

My First Solo Trip In Jogja, Part 1 : Terancam Batal!!!

My First Solo Trip In Jogja, Part 1 : Terancam Batal!!!

Hallo Dears, Alhamdulillah aku bisa berbagi cerita lagi. Hari ini aku ingin bercerita tentang single trip pertamaku di Jogja (Helehh Jogja biasa..) iya tahu biasa. Sebelumnya aku juga udah beberapa kali ke Jogja, tapi itu selalu dengan gerombolan teman-temanku. Sebenarnya sedari SMA kelas 3 aku sangat menyukai cerita-cerita backpacker gitu. Namun hal itu belum pernah aku lakukan sebelumnya, jujur aku sendiri masih takut. Nanti kalo kesasar gimana? Kalo diapa-apain orang emang kamu bisa ngelawan? Dan masih banyak lagi pemikiran negatif aku. Bukan Cuma aku sebenarnya tapi juga setiap temen-temenku yang ku mintai pendapat soal Solo trip juga bilang Jangan!!!

Ya memang susah bagi sebagian wanita buat mencoba hal yang diluar dari biasanya. Meskipun sudah banyak cewek yang pergi kemana pun sendirian, tapi bagi aku dan lingkunganku ini belum tentu bisa dilakukan. Aku sadar jika ketakutan itu berasal dari dalam diri bahkan aku pernah baca setiap hal yang kita pikirkan 95% tidak akan terjadi. Meskipun begitu kita tetap harus waspada dengan segala kemungkinan hal buruk yang terjadi.

Langkah petama Solo tripku

Hingga akhirnya aku sadar waktu liburan 17an kemarin kayaknya ini udah saatnya deh Dears! Jujur libur 2 hari di kostan aku bingung mau apa? Nulis? Tiduran? Makan? Streaming? Semua itu udah aku lakuin setiap hari. Sebagian hatiku sadar sebagai seorang penulis daya imajinasiku harus bertambah, khususnya bagimana aku mensetting sebuah cerita. Hingga malam sebelum hari sabtu aku putusin buat pergi liburan dengan budget yang minim. Memang sih tanpa planning apapun namun setidaknya aku harus berani melakukan ini sendirian.

Hal pertama yang aku lakukan adalah menentukan destinasi tempat, jujur awalnya aku sedikit bingung memiih Jogja atau Solo? Kenapa aku memilih dua kota itu, ini sedikit tips buat kamu Dears yang pertama kali mau solo trip kek aku kemarin. Usahakan memilih tempat yang pernah kalian kunjungi sebelumnya, kalau baru pertama aku saranin jangan coba tempat baru ya!

Langkah kedua yang aku siapkan adalah Budget! Ini penting khususnya buat Dears yang nasibnya masih ngekost dan gajiannya 1 bulan sekali kek aku. Perhitungkan baik-baik semua pengeluaran yang akan dipakai selama trip mulai dari akomodasi, penginapan, konsumsi, tiket wisata dan hal kecil seperti P3K. oh ya waktu kemarin aku nyiapin uang sebesar 200k buat trip 2 hari 1 malam ke Jogja.

Sebenarnya untuk perjalanan Semarang-Jogja ada dua pilihan angkutan umum yakni Bis atau kereta. Untuk bis biaya yang harus dikeluarkan berkisar 40 sampai 50 ribu rupiah. Tapi aku haru pergi dulu ke terminal Sukun dengan naik bis transJateng, tarifnya sendiri berkisar 4 ribu.

Selain bis kamu juga bisa naik kereta, bisa dipilih dari Semarang Jogja langsung atau  dari Semarang turun Solo dan dilanjut naik kereta dari Solo ke Jogja. Kalau mau hemat aku saranin buat pilih saran kedua, karena harga tiketnya 10k untuk Semarang-Solo. Tapi ada beberapa catatan yaitu jam keberangkatan kereta ke Solo Cuma ada jam 9 dan jam 3 sore. Jadi usahain waktu liburan kamu gak jadi berantakan.

Solo Trip ku terancam batal!

Sedikit cerita tentang keberangkatanku, Dears. Tepat pukul 7:45 pagi aku keluar dari kostan, niat awal aku berangkat ke Jogja pakek kereta. Ya, gimana pikir-pikir budget 50k dah bisa buat PP jadi kenapa nggak? Tepat pukul 08:00 aku udah sampai di stasiun Tawang, dalam hatiku “Akhirnya bisa liburan…” sebenarnya itu pertama kali aku pesen tiket langsung ke Tawang (biasanya aku naik dari stasiun Poncol). Sesampainya di loket aku bilang sama petugasnya. “Mas tiket ke Purowsari Solo.”

“HABIS MBAK”

Jujur kaget banget karena kedatanganku masih 1 jam sebelum jadwal keberangkatan.

“Disini kan  abis kalo di Poncol masih ada tahu gimana?” usahaku untuk menego tiket kereta

“Habis juga mbak” jawab peugasnya lagi. Mungkin dalam hati tuh petugas jengkel sama aku :’

Dalam sepersekian detik, hatiku rasanya sedih banget. Jujur semaleman aku mikirin betapa serunya nanti aku melancong sendirian ke Jogja. Aku coba hubungi temen aku yang ada di jogja, tapi dia masih tidur keknya. Aku juga coba telpon temenku yang lain, aku tanya soal bisa Semarang-Jogja. Jujur sih aku sempat ingin membatalkannya karena ya budget 50k buat PP bisa berubah 100k kalau aku naik bis. Waktu di Tawang aku masih kek orang kebingungan gitu. Mondar-mandir gak jelas, namun seketika aku berpikir.

Dan keputusanku akhirnya

Ini adalah kesempatan, kalau semisal karena biaya aku jadi membatalkannya selamanya aku gak bisa melakukan ini. Aku harus berani untuk mengambil langkah awal, meskipun harus rugi karena pengeluaranku melebihi rencana. Tapi aku yakin aku akan jauh lebih menyesal jika hari ini ku putuskan pulang kembali ke kostan.

Benar kata Ria SW, jangan biarkan jarak dan uang menjadi penghalangmu untuk melangkah. Karena jarak jauh bisa ditempuh dengan ojek online dan uang bisa dicari lagi kalau nggak lemburan ya… ngutang hehehe becanda ini.

Pengalaman dan waktu adalah hal yang berharga kalau sekali kita ngelewatin maka selamanya hal itu gak akan berulang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *