IT Chapter 2: Si Peny Wise Dan Losers Club!

IT Chapter 2: Si Peny Wise Dan Losers Club!

IT Chapter 2: Si Peny Wise Dan Losers Club!

IT Chapter 2: Si Peny Wise Dan Losers Club!

Badut seram yang sungguh viral saat pertama kali tayang di bioskop 2 tahun lalu, aku masih ingat banyak sekali meme lucu yang menceritakan Peny Wise atau “IT” kini tepat 4 September 2019 lalu It chapter 2. Sambil mengingat kembali mari bernostalgia sedikit dengan film ini pada chapter 1.

Mengingat chapter 1

Chapter 1, mengisalkan Bill yang telah kehilangan adiknya bernama George. George adalah salah satu korban dari si Peny Wise (Si hantu badut yang telah menjadi kutukan bagi kota Derry). Kehilangan George membuat Bill merasa begitu bersalah, Ia bersama teman-temannya Richi, Beverly, Ben, Mike, Edie, dan Standly. Selain mencari keberadaan sang adik dan melawan Peny Wise, Bill dan geng “Losers” harus melawan bullying yang sering dilakukan oleh Henry Bowers dan gengnya.

Setelah 27 tahun berlalu

Setelah 27 tahun berlalu, setiap anggota losers memiliki hidupnya masing-masing. Bill menjadi seorang penulis dan sedang membuat sebuah proyek film. Richi bekerja sebagai seorang komika, Edie entahlah… yang tergambarkan dia bekerja sebagai karyawan dan masih patuh akan perintah sang “Mommy” untuk menjaga kesehatannya. Ben berkat kemampuannya dibidang pertukangan kini ia menjadi seorang arsitek yang kaya. Beverly hidup bersama kekasihnya yang “kasar”.

Dan Mike satu-satunya dari geng losers yang bertahan di kota Derry sebagai seorang petugas keamanan. Sedangkan Standly sayangnya tidak dijelaskan bagaimana pekerjaannya, Standly meninggal dalam kamar mandi dengan sayatan pisau di lengannya. Kini setelah 27 tahun berpisah akhirnya semua anggota Losers kembali dalam sebuah restoran china merayakan pertemuan mereka.

Niat awal yang hanya sekadar reuni berubah, ketika Mike mengatakan jika “IT” telah kembali. Awalnya mereka begitu tidak terima, dan ingin pergi dari kota Derry. Kejutan pertama muncul saat mereka berenam makan di sebuah restoran China, saat mereka fortune cookies yang disusun mengatakan “Standly tidak pantas datang.” Bukan hanya itu, makanan di meja makan mereka berubah menjadi makhluk yang menyeramkan yang ternyata hanya ilusi saja.

Dalam film bukan hanya menceritakan geng Losers saja yang kembali, namun Henry juga datang dan menyebarkan teror lagi. Selepas kabur dari rumah sakit jiwa dengan membunuh beberapa orang dan petugas di sana. Henry mencari Bill dan yang lainnya untuk membalas dendam.

Mungkin awalnya semua dari mereka tidak setuju, namun mereka mengingat kembali tentang sumpah yang telah diucapkan bersama. dengan bersama-sama mereka kembali membunuh Penny wise lagi. Menurut Mike untuk mengalahkan si badut, mereka harus melakukan ritual yang harus mengorbankan benda kenagannya. Pada saat inilah cerita mereka dimulai, Setiap orang harus berpencar dan mencari artefak kenangan mereka.

Artefak dan kenangan yang harus ditemukan

Beverly harus kembali ke rumah lamanya untuk mencari foto yang tertulis puisi di belakangnya. Tentu tidak mudah untuk mendapatkannya, Ia harus menghadapi terror dari Peny Wise yang menyamar menjadi nenek. Selanjutnya Bill, ia berhasil menemukan sepedanya yang lama “Silver.” Ia juga menemukan rumahnya yang lama, dan kini ditinggali oleh orang lain. Bukan hanya itu, ia juga menemukan lubang selokan yang menarik George dan menemukan perahu kertasnya. Richi, kembali ke tempat dimana ia sangat senang bermain video game, kenagan buruknya saat diBully Henry sungguh melekat.

Edie kembali ke klinik obat, dan menyelusuri lokasi gudang dimana saat itu ia melihat sang Ibu. Harus merasakan jilatan monster korban wabah penyakit yang menyerang kota Derry di abad pertengahan silam. Ben, kembali ke sekolah membawa kenangannya saat mencintai Beverly dan menulis namanya dalam sepucuk kertas. Kehadiran Peny Wise yang menyamar menjadi Beverly untuk menakut-nakuti Ben.

Semua anggota geng losers memiliki kenagan menakutkan, termasuk Mike. Sejak berusia masih kecil, ia menjadi korban selamat dari kasus kebakaran. Namun pencarian artefak Mike dirumah oleg Henry, saat tiba-tiba datang dan mencoba membunuhnya dengan pisau. Pertarungan hidup dan mati, saat salah satu lengannya terluka dan harus melawan Henry dengan kegilaan yang luar biasa meskipun ia telah mengalami luka tusukan. Namun tanpa disadari sebuah kapak melayang di kepala Henry dan membuatnya tewas seketika.

Pertarungan

IT Chapter 2: Si Peny Wise Dan Losers Club!Ritual pun dimulai… tentu membunuh Peny Wise tak semudah itu meskipun seluruh artefak telah dikumpulkan. Ternyata Mike telah menghapus satu prosesi terakhir, dimana setiap orang yang melakukan akan mati tercabit-cabit bersama siapapun setan yang dimusnahkan.

Pertarungan tak terelakan. Peny Wise berubah menjadi ukuran yang begitu besar, mereka semua terpisah dan menghadapi ketakutan masing-masing.  Dibalik adegan horror yang disajikan, terdapat sebuah momen romantis dimana Ben menyatakan perasaan yang selama 27 tahun dia pendam pada Beverly. Bukan hanya itu, kelucuan juga ditujukan saat Edie dan Richi harus memilih 3 pintu: Not Scary, Scary, dan Very Scary.

Kerja sama juga ditunjukan, saat teman mereka diserang.  Maka yang lain akan membantu, hingga saat Richi terperangkap dalam ilusi Peny Wise dengan berani Edie menombakan sebuah besi ke arah mulut si Peny Wise. Namun sayang ternyata justru Edie yang menjadi korban.

Melawan ketakutan dengan keberanian

Akhirnya, mereka tahu bagaimana cara tepat untuk membunuh Peny Wise. Sama seperti 27 tahun lalu, Peny Wise akan ketakutan jika tak ada seorang yang berani, semakin mereka berani Peny Wise akan semakin takut. Semakin besar keberanian mereka maka tubuh Peny Wise semakin kecil.

Dengan tenaga yang tersisa, mereka berhasil memusnahkan Peny Wise, dengan meremuk jantungnya. Goa tersebut mulai runtuh, Edie tak dapat diselamatkan dan harus ikut tertimbun dalam tanah. Seusai pertarungan, mereka kembali ke sebuah telaga tempat mereka bermain dulu, dengan melompati jurang dan terjun bebas dalam kolam sama seperti 27 silam.

Durasi film sebenarnya dibilang cukup panjang sekitar 2 jam 40 menit. Namun saat masuk dan menikmatinya, jujur tidak terasa jika waktu telah lama berlalu. Sebenarnya tidak terlalu seram seperti chapter 1, namun ceritanya begitu nyambung dan dikemas secara menarik.

IT Chapter 2: Si Peny Wise Dan Losers Club!Meskipun menurut aku pribadi lebih menyukai pesan pada chapter 1 (berkaitan dengan bullying, petualangan, persahabatan dan rasa kehilangan Bill terhadap George yang mendalam). Namun aku sangat memuji karena semua cast di chapter 2 ini begitu mirip dengan cast di chapter 1. Sehingga rasanya begitu natural. Selain itu cerita romansa di chapter 2 juga lebih diperjelas, aku benar-benar menikmatinya. Berkat film ini aku berhasil mematahkan ketakutanku akan film horror. Film yang digarap setelah 2 tahun lamanya tak muncul, cerita yang epik dan berkesan. Peny Wise dan geng Losers!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *