Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Pertama Kali Solo Trip

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Pertama Kali Solo Trip

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Pertama Kali Solo Trip

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Pertama Kali Solo TripHallo Dears! Kali ini aku mau kasih tips & trik buat kamu yang coba solo trip. Ya nggak harus ke Jogja kayak aku kemarin sih. Jujur nih ya meskipun aku baru sekali solo trip, tapi rasanya nagih. Solo trip terkadang membuat kita menjadi semakin memahami diri sendiri, dan gak malu dengan orang lain.

Solo trip juga memberikan kebebasan kita untuk melakukan apapun tanpa peduli orang sekitar, dan tentu saja pengalaman yang kita dapatkan akan jauh berbeda jika kita pergi bersama teman atau pasangan. untuk itu jangan ragu untuk jalan-jalan sendirian, tapi sebelum jalan-jalan ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan yaitu :

1.      Tentukan tujuan nge-trip dan tempat yang kamu datangi

Ini penting ya Dears, karena tujuan kamu nge-trip akan berpengaruh dengan lokasi yang kamu tuju. Kalau aku kemarin tujuannya untuk mencari set tempat baru di cerita yang lagi on-going  *ini gak maksud buat promo loh sumpah! Aku pilih Jogja karena di sana banyak lokasi tempat yang autentik gitu. Kalau Dears tujuannya mau apa ditentuin dulu ya?

2.      Budget itu penting

Nge-trip sih nge-trip tapi jangan lupa sama budgeting. Itu penting karena jangan sampai trip berjalan lancar tapi mengesampingkan kebutuhan. Misalnya buat bayar kostan, makan atau uang bensin. Usahakan budgetin trip kalian dari akomodasi, makan, penginapan, P3K, oleh-oleh (kalau perlu) dan kebutuhan kecil lainnya. Kalau perlu cari informasi berapa ongkos akomodasi melalui internet atau tanya temen kamu.

Oh ya kalau kamu mau hemat kayak aku kemarin kamu bisa menumpang temen kamu yang tinggal di kota yang dituju. Kalau pengen lebih hemat lagi kamu bisa bawa bekal kayak aku kemarin. Kamu tetap keren kok meskipun bawa pekal selama perjalanan hehe..

3.      Tentuin apa yang mau di eksplore

Jujur sih kemarin ekspetasi sama realita yang aku alami beda, awalnya aku pengen kulineran gitu. Tapi nyampe Jogja aku malah susah nyari makanan yang sesuai dengan lidah aku, ya maklum aku lumayan pemilih kalau masalah makan. Meskipun gak jadi kulineran tapi setidaknya aku banyak jalan-jalan (jalan kaki beneran ini). Oh ya apa yang kamu eksplore itu bakal mempengaruhi budget kamu juga loh! Pastikan tempat yang kamu eksplore sesuai dengan tujuan yang ingin kamu capai.

4.      Selalu cek google maps

Hehehe… ini penting. Karena dengan kemajuan teknologi sekarang kamu gak perlu takut nyasar kan ada “Google”.  Selama di Jogja kemarin aku selalu aktif buat ngecek google maps, google maps bukan cuma bantuin cari rute terbaik buat yang bawa kendaraan pribadi aja. Tapi juga rute perjalanan kalau pakek angkutan umum. Misalnya aku pergi ke pasar Beringharjo aku, udah tertulis kok halte mana yang aku tuju. Selain itu aku juga bisa ngecek semisal jaraknya dekat kenapa nggak jalan kaki? Kalian jangan malu buat jalan kaki, karena selain menyehatkan kamu akan lebih memahami sekitar. Ingat banyak backpacker keren yang memilih jalan kaki, untuk mengurangi polusi udara dan menyapa warga lokalnya!

Atau kalo Dears punya budget yang lebih bisa kok pakek Grab atau Gojek, tapi aku saranin buat Top Up dulu. Selain itu cek selalu kode promo yang berlaku di kota yang kamu tuju!

5.      Bawa tongsis

Namanya solo trip pasti kamu nggak ada temen buat dimintain tolong. Kalian jangan heran ya kenapa nggak ada fotoku yang keren-keren. Itu bukan karena aku nggak suka foto, tapi emang nggak ada yang fotoin. Sebenarnya bisa sih Dears minta tolong orang lain atau pakek timer gitu (kalau ini sedikit ribet buat ngatur angle yang pas). Tapi buat aku rasanya ragu aja minta fotoin orang, ya kan belum tentu hasilnya bagus dan minta fotoin terus.

Untuk itu aku saranin Dears buat bawa tongsis! Selain nggak ribet angelnya bisa disesuaikan sama keinginan.

6.      Jangan malu buat Tanya!

Dears berhubung selama perjalanan sendirian jadi kamu bakal nemuin kondisi dimana kamu bingung sendiri, entah bingung rute perjalanan, atau tempat yang mau dituju. Jangan ragu buat tanya sama orang, karena selain kebingungan kamu terjawab. Hal itu juga melatih sopan satun kamu dalam berbicara. Jangan berpikir jika orang yang kamu samperin bakal macem-macem, mereka semua akan baik kalau kamu berperilaku baik pula.

Pilihlah bahasa yang sopan kalau perlu kamu bisa pakai bahasa daerahnya. Atau kalau pakai bahasa Indonesia yang mudah dimengerti orang-orang.

Sejujurnya aku senang dengan perjalanan ke Jogja kemarin meskipun tak banyak tempat yang aku kunjungin. Namun perjalananku kemarin membuatku berhasil mendobrak rasa takutku sendiri. sendiran bukan berarti kamu gak punya teman, tapi kamu membutuhkan waktu untuk mengenal siapa dirimu yang sebenarnya Dears!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *